Wednesday 7 December 2016

15 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Memanjakan Mata

Mungkin sebagian besardari Anda tidak asing mendengar nama kota yang satu ini. Yap, kota Pacitan menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang kaya akan alamnya. Terdapat 15 tempat wisata di Pacitan yang bisa memanjakan mata wisatawan bila mengunjunginya. Untuk mencapai kota ini, kita harus menempuh jarak sekitar 100 km dari kota Solo. Apa saja tempat-tempat wisata yang berada di Pacitan? Pada umumnya, tempat wisata yang paling menonjol adalah tempat wisata berupa pantai dengan deburan ombak yang lumayan kencang serta goa-goa yang dapat menambah wawasan. Yuk kita mulai dari goa-goa yang kemudian dilanjutkan dengan pantai-pantai di Pacitan.
1. Goa Gong

Goa yang pertama dan termasuk dalam 15 tempat wisata di Pacitan ialah Goa Gong di mana sudah banyak yang mengenali karena keunikannya. Goa ini disebut dengan Goa Gong karena di satu sisi goa terdapat satu buah batu besaryang bila dipukul akan mengeluarkan bunyi seperti suara gong. Goa ini terletak di Desa Bomo dan masuk dalam Kecamatan Punung. Selain terdapat batu yang bersuara seperti gong, di sini juga ada mata air yang disebut Sendang Bidadari.
2. Goa Tabuhan

Goa lainnya dan berada di Kecamatan Punung ialah Goa Tabuhan. Berbedanya dengan Goa Gong, di goa ini berisi stalagmit dan stalagtit yang bila ditabuh atau dipukul akan menghasilkan suara yang berupa alat-alat gamelan. Warga sekitar sering membuat pertunjukan kecil di dalam gua dengan memainkan stalagmit dan stalagtit menjadi sebuah pertunjukan sederhana. Letak Goa Tabuhan tidak begitu jauh dari Goa Gong.
3. Goa Luweng Jaran

Berjalan ke arah Desa Jlubang, Kecamatan Punung, kita dapat bertem dengan goa lainnya yaitu Goa Luweng Jaran. Goa ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bertualang karena masih alami dan semakin Anda menelusuri goa ke dalam, semakin pula Anda dekat dekat perut bumi karena panjang goa ini mencapai 48 km.
4. Goa Song

Goa lain yang juga menjadi bagian 15 tempat wisata di Pacitan adalah goa yang diberi nama sebagai Goa Song. Goa ini berada di Desa Mendolo Lor dan Kecanatan Punung. Yang berbeda dari goa sebelumnya, di goa ini terdapat jejak kehidupan dan peradaban dari manusia purba yang berumur sepuluh ribu tahun yang berupa kerangka. Kerangka tersebut disebut oleh warga sekitar sebagai sosok Mbah Sayem. Di sekitar kerangka ada juga peralatan perkakas.
5. Goa Song Keplek

Goa yang tidak jauh dari Goa Song ini juga menjadi saksi kehidupan manusia pada zaman purba. Terdapat situs-situs arkeolog yang dilestarikan dan dijadikan. Mengunjungi goa ini membuat kita tahu bahwa manusia sejak zaman dahulu telah bertahan hidup dengan cara bekerja.
6. Pantai Srau

Berganti dari goa ke pantai, 15 tempat wisata di Pacitan yang sangat sayang kalau dilewati adalah wisata pantai yang masing-masing memiliki kelebihan. Pantai pertama sekaligus menjadi tempat wisata keenam ialah Pantai Srau. Pantai yang terletak di Desa Candi dan Kecamatan Pringkuku ini memiliki 3 macam pantai yaitu pantai berpasir putih halus, pantai berpasir putih kasar, serta pantai tidak berpasir. Ombaknya cukup besar.
7. Pantai Klayar

Pantai berikutnya ialah Pantai Klayar yang berada di Kecamatan Donorojo. Ini menjadi pantai yang cukup terkenal karena memiliki keunikan yaitu terdapar karang bercelah yang bila terkena ombak akan mengeluarkan suara seperti bunyi alat musik suling ditiup. Kita dapat menikmati pemandangan pantai sekaligus mendengarkan musik alam yang alami.
8. Pantai Watu Karung

Tempat kedelapan yang merupakan 15 tempat wisata di Pacitan adalah pantai yang bernama Watu Karung. Pantai Watu Karung berada di Kecamatan Pringkulu dan dikenal dengan ombak tingginya yang berwarna kehijauan. Selain itu hamparan pasir berwarna putih mempercantik pantai ini. Terdapat banyak warung yang menjual aneka masakan seafood.
9. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo dapat menjadi salah satu rekomendasi pantai yang cocok untuk menghabiskan waktu kosong bersama keluarga atau juga teman. 15 tempat wisata di Pacitan yang satu ini berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo. Yang membuat berbeda, di pantai ini terdapat air terjun kecil dengan jenis air tawar.
10. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria berada di Desa Sidoharjo. Pantai ini umu dikunjungi untuk berwisata karena aman untuk berenang. Namun ada waktu-waktu di mana ombak di pantai ini menjadi sangat ganas sehingga kita harus mencari waktu yang [as. Pasir di pantai ini berwarna kecokelatan.
11. Pantai Pidakan

Pantai lainnya yang merupakan 15 tempat wisata di Pacitan yang cocok untuk dikunjungu ialah pantai yang berada di Dusun Godek Kulon ini. Pantai Pidakan berada tepat di Desa Jetak dan Kecamatan Tulakan. Yang membuat unik, pantai di sini tidak memiliki pasir. Pasir yang biasa mengelilingi pantai berupa kerikil-kerikil sehingga membuat pantai terlihat cantik.
12. Pantai Soge

Pantai terakhir yang menjadi rekomendasi adalah Pantai Soge. Anda yang gemar menikmati keindahan matahari terbenam di pantai wajib datang ke pantai ini. Letaknya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Mudah sekali untuk menemukan pantai yang satu ini karena letaknya berada persis di sebelah jalanan.
13. Sungai Maron

Selain pantai, Pacinta juga memiliki sungai yang tidak kalah indah. Sungai tersebut bernama Sungai Maron. Kita dapat menyewa sampan untuk berkeliling sungai berarus tenang dengan air yang cukup bersih. Pepohonan hijau menambah keindahan pemandangan di sekitar sungai. Sungai ini berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkulu. Warga sekitar menjadikan sungai ini sebagai salah satu sumber air dan sangat menjaga kebersihannya.
14. Tirto Husodo

Ingin menikmati alam dengan lebih tenang dan tertutup? Tempat wisata yang satu ini dapat dicoba karena termasuk dalam 15 tempat wisata di Pacitan yang menarik. Tirto Husodo adalah kolam berenang dan pemandian dengan air hangat. Letaknya di Desa Karangrejo dan Kecamatan Arjosari. Di sini terdapat empat kolam yang salah satunya adalah kolam air mendidih yang menjadi penampungan air panas asli dari bukit kapur.

15. Monumen Jendral Sudirman

Nah, kita tiba pada tempat terakhir dalam 15 tempat wisata di Pacinta yang dapat memanjakan mata. Tempat wisata Monumen Jendral Sudirman ini termasuk dalam tempat wisata edukasi dan bernilai sejarah. Letaknya du Kecamatan Nawangan, tepat di Pakis Baru. Di monumen ini terdapat patung Jendral Sudirman yang berada di puncak tangga berjmlah 70 anak tangga.
Itu dia penjelasan tempat-tempat wisata di Pacitan yang dapat Anda kunjungi dan menjadi rekomendasi tempat dalam menghabiskan waktu libur Anda dan keluarga. Semoga informasi 15 tempat wisata di Pacitan tersebut bermanfaat dan dapat mempermudah Anda dalam menentukan tujuan wisata ketika ke Pacitan.

Terkait Wisata Alam Wisata Pacitan Wisata Pantai Wisata Sejarah Lihat Juga

15 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Memanjakan Mata
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat tutorial terbaru melalui email